Success needs process

Kemarin saya dapat pengalaman baru lagi. Iya, jadi selama proses nyari kerja ini saya dapat begitu banyak pengalaman yang saya sendiri sulit mengingatnya saking banyaknya. Tapi satu hal yang kemarin itu rasanya benar-benar menjatuhkan mental sekaligus mematahkan semangatku.

Saya ini pemula, fresh graduate yang belum tahu apa-apa tentang dunia kerja diluar sana yang (kata orang-orang) sangat berbeda dengan dunia kampus. Saya juga tahu, saya masih sangat butuh belajar & bimbingan dari orang berpengalaman. Tapi kalo baru langkah awal seperti sekarang ini saja mentalku sudah dijatuhkan, rasanya nyeseeeeek sekali. Rasanya semua usahaku selama ini sia-sia belaka.

Saya ini anak baru yang butuh dukungan moril & materiil. Bukan anak bawang yang butuh ditakut-takuti. Bukan malah dijatuhkan, dicemooh, diremehkan dan dibikin ciut.

Meski negara kita sarat akan sogokan & nepotisme, insya Allah saya yakin, di luar sana masih ada rezeki pekerjaan untuk saya yang tidak ada unsur sogokan & nepotismenya.
Mungkin bukan saat ini.
Mungkin bukan hari ini.
Tapi insya Allah kelak. Allah pasti menyiapkan saya rezeki yang menurut-Nya terbaik untuk saya, selama saya masih berusaha, berjuang dan berdoa pada-Nya.

Silahkan bagi mereka yang meremahkanku.
Silahkan bagi mereka yang mencemoohku.

Kesuksesan itu tidak datang begitu saja padamu.
Kesuksesan itu butuh diperjuangkan.
Tidak ada yang instan di muka bumi ini.
Segala sesuatu itu butuh proses. Begitupun kesuksesan.
Mungkin segala bentuk tes ini-itu dan interview sana-sini yang saya jalani sekarang adalah proses menuju kesuksesanku.
Insya Allah.
I just need to be more patient dan jangan putus asa!

Jadi, omongan orang-orang yang bernada nyinyir dan menjatuhkan itu mungkin sebaiknya diabaikan “masukkan telinga kanan dan keluar telinga kiri” saja. Anggaplah itu sebagai bentuk peduli mereka. Atau iri hati? whatever.

Allah selalu bersama orang-orang yang mau berusaha & berjuang 😉

Tinggalkan Balasan

