A story about October

Tepat setahun setelah saya menyandang gelar sarjana.
Tepat setahun setelah saya ujian sidang kelulusan.

Waktu rasanya cepat sekali berlalu.
Padahal baru kemarin rasanya tahun baru 2013.
Eh tahu-tahu 2 bulan lagi 2013 akan meninggalkan kita.

Tahun lalu, di bulan segini, saya ingat betul lagi panik-paniknya ngurusin persiapan ujian sidang. Mulai dari nguber-nguber ACC pembimbing, minta daftar nama penguji, nyari hari yang tepat buat ujian, sampe belanja makanan buat dijadikan hidangan sekaligus parcel buat para penguji.

Saat itu kupikir, inilah fase terberat dalam 22 tahun hidupku, menghadapi ujian sidang dimana saya harus berhadapan dengan para dosen penguji yang meminta ‘pertanggungjawaban’ atas skripsi yang saya kerjakan. Waktu itu, saya gugup segugup-gugupnya. Saya takut saya

Tapi setahun kemudian, hari ini, saat saya sudah menginjak angka 23 tahun, saya sudah lulus, sudah menyandang gelar sarjana, sudah punya titel, saya kemudian tahu perjuangan menyelesaikan skripsi sampai dengan ujian sidang itu tidak ada apa-apanya dibanding harus berkompetisi dengan ribuan job-seeker lainnya di dunia kerja. Kami berkompetisi memperebutkan sebuah posisi dengan mengikuti serangkaian tes yang berbeda dengan background pendidikan kami.

Welcome to the jungle.
Welcome to the real world, May!

Awalnya saya merasa frustasi. Iya, separah itu.
Saya mem-push diri sedemikian keras untuk segera dapat kerja.
Mati-matian mencari lowongan kerja.
Menghadiri tes & interview muli dari perusahaan besar sampai yang abal-abal.
Tapi kemudian setelah melalui berkali-kali tes kemudian gagal. Mencoba lagi, lagi dan lagi. Saya kemudian terbiasa dan berdamai dengan diri sendiri. Tidak semua hal bisa berjalan sesuai kemauan kita. Ada banyak hal-hal di dunia ini yang diluar kendali kita.

Jadi ya, selain tetap berusaha dan berdoa.
Satu-satunya jalan ya saya harus bersabar.
Menerima kondisi dan (kataya) perbanyak bersedekah.

Jadi, di awal bulan bersejarah (dalam hidupku) ini, saya kembali berdoa semoga Oktober tahun ini bisa semanis Oktober tahun lalu. Bisa membawaku pada ‘jodoh’ pekerjaan yang begitu kunantikan di tahun 2013 ini.
Insya Allah.
Amin ya rabbalalamin.

Sincerely,
-Dian Mayasari Azis-
An optimistic job-seeker 

Tinggalkan Balasan

