Roma: Con Amore

image

Penulis : Robin Wijaya
Penerbit : Gagas Media
Cetakan Pertama, 2013
Tebal : 384 Halaman
Rating: ★  

Mungkin benar bahwa efek sebuah novel itu sangat berpengaruh ketika ingin menulis review. Karena saya tidak begitu klik dengan Roma, maka rasanya saya bingung harus menulis review seperti apa sehingga tidak terkesan menjelekkan.

Saya percaya setiap genre novel ada peminatnya masing-masing. Namun meskipun saya berulang kali meyakinkan diri, berulang kali pula saya mengoceh sendiri setiap kali selesai membaca novel yang bukan selera saya. Saya merasa rugi. Mungkin rasanya seperti pacaran bertahun-tahun, investasi waktu, tenaga dan perasaan, eh…tahu-tahu pada akhirnya harus berpisah di ujung jalan karena berbeda arah. Buang-buang waktu, bukan?
Ini analogi macam apa?

Percaya atau tidak, saya merasa seperti itu setelah menyelesaikan Roma yang notabene-nya adalah novel genre amore dengan kisah cinta mendayu-dayu dan happily ever after. Sayangnya novel jenis ini tidak termasuk dalam daftar genre kesukaan saya. Belum lagi dialog yang kaku dan minim konflik. Rasanya sangat flat.

Bagaimana aku mendefinisikan perasaan gembira adalah ketika nama & suaramu menjadi candu yang mencumbu telinga.

Ini pertama kalinya saya membaca tulisan Robin Wijaya. And it was nice one. Untuk ukuran novel yang ditulis oleh penulis laki-laki, Roma tergolong feminin. Sangat jauh dari kesan maskulin. Cuma ya itu, kalo dianalogikan sebagai makanan, Roma rasanya hambar di lidah saya. Mungkin sebaiknya saya membaca tulisannya yang lain sebelum ngasih komen lebih jauh. Jadi, sorry to say, saya cuma bisa kasih ★ untuk penjelasannya tentang dunia melukis dan ★ lagi karena sudah dibawa ‘keliling’ Roma.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s