London: Angel

image

Penulis: Windry Ramadhina
Penerbit: Gagas Media
Tebal: 327 halaman
Cetakan Pertama, 2013
Rating: ★  ★  ★  ★  ★

Tidak salah rasanya ketika saya memutuskan untuk menyisakan London sebagai destinasi terakhir dalam seri Setiap Tempat Punya Cerita. Keputusan itu bukan tanpa alasan. Saya tahu betul, sama seperti novel-novel terdahulunya, Orange dan Memori, saya akan jatuh cinta lagi pada tulisan Windry Ramadhina yang ini. Dan itu terbukti setelah saya menuntaskan London. Jauh melebihi ekspektasi saya malahan.

Saya suka cara bertuturnya yang gelap & sendu, sangat pas mewakili kota London yang muram diselimuti hujan gerimis. Saya suka dibawa ‘keliling’ London.  Sungai Thames, The Piper, London Eye, Tate Modern, Fitzroy Tavern, dan masih banyak lagi.

Sejujurnya semakin membuka halaman London, saya semakin dibuat kebingungan akan dibawa kemana ceritanya. Akan seperti apa kisah ini berakhir nantinya. Ide cerita ‘sahabat yang jatuh cinta pada sahabatnya sendiri’ sudah sangat teramat basi. Namun, seperti biasa, Windry Ramadhina selalu sukses mengemas sesuatu yang  basi menjadi ‘segar’ kembali. Saya suka eksekusi yang ia pilih untuk Gilang dalam novel ini. Saya menyukai perasaan saya ketika menyelesaikan novel ini. Hangat. Lega. Bahagia. Bercampur aduk. Intinya, saya selalu suka apapun yang ditulis Windry Ramadhina.

Pertanyaan kenapa saya bermurah hati memberi ★  ★  ★  ★  ★ untuk novel ini akan terjawab setelah membaca sendiri novelnya dan merasakan sensasi yang diciptakan Windry Ramadhina. 😛

“Kau tidak belajar mencintai. Kau mencintai dengan sendirinya.”

Oke, sebelum mengakhiri perjalanan berkeliling dunia melalui seri Setiap Tempat Punya Cerita, saya cuma bisa berdoa semoga kelak Tuhan memberi saya umur yang panjang dan rezeki melimpah biar bisa mengunjungi kota demi kota yang telah saya baca sebulan ini. Dan semoga harapan untuk berkeliling di kota-kota tersebut bisa terwujud bersama pasangan saya kelak. Aamiin. 🙂

Tinggalkan Balasan

